Rabu, 25 April 2012

Fungsi dan Cara memilih vga card yang baik

VGA ( Video Graphics Adapter ) merupakan salah satu perangkat yang sangat penting dalam system komputerisasi yang mempunyai fungsi secara global yaitu berhubungan dengan grafikal pada tampilan sebuah PC ( Personal Computer ) karena sebuah komputer tanpa VGA tidak akan berjalan normal. tetapi dengan perkembangan yang semakin pesat di bidang IT khususnya untuk fungsi vga sangatlah bervariasi. Bagi yang ingin membeli komputer baru atau hanya upgrade  VGA card mungkin ini bisa menjadi guide anda . Dari sekian banyak brand dan ratusan tipe VGA card yang terdapat di pasaran mungkin anda bingung ingin membeli VGA card yang sesuai dengan kebutuhan anda. Review ini cocok bagi anda yang ingin bermain game PC atau game komputer tetapi bingung ingin beli yang mana.

Dari sekian banyak brand dan ratusan tipe VGA card  yang ada semuanya itu hanya mempunyai 3 CHIP VGA card yang sama. Yaitu NVIDIA, ATI AMD dan Intel. Untuk NVIDIA biasanya mereka menamakan VGA card mereka dengan kode Ge-Force sedangkan AMD ATI dengan kode Radeon.  NVIDIA, ATI dan Intel dapat  diibaratkan produsen sepeda motor roda dua di Indonesia yaitu HONDA, YAMAHA dan Suzuki yang saling bersaing selalu mengeluarkan motor terbaru dengan inovasi-inovasi terbaru dengan harga yang bervariasi mulai dari kalangan menengah kebawah sampai kalangan atas. Begitupun dengan produsen chip VGA NVIDIA, ATI dan Intel mereka selalu bersaing dalam performa, inovasi, harga CHIP VGA card. Tapi tetap dari ketiga produsen tersebut yang sering dipilih oleh para gamers tetap NVIDIA DAN ATI kenapa demikian? karena kedua chip tersebut mempunya proforma yang inovatif ketimbang Intel "kecuali di Processor" nah vendor Intel lebih banyak Inovasinya. Berikut tabel dari NVIDIA, ATI, Intel Video Graphics Adapter

AMD ATI














VGA ini bekerjasama dg Prosesor AMD (Advanced Micro Devices) dan Bertipe Internal DAC (VGA dg RAM saling bekerja sama).. tetapi sudah banyak diaplikasikan pada prosesor Intel, dan permasalahan yang sering dijumpai pada VGA ini ( khususnya seri 3200,4100,4200 DDR2 ) bila digunakan untuk bermain game kelas Enthusiast VGA seri ini agak berat apabila diaplikasikan pada resolusi dan detail High,,dan untuk meminimalisirnya anda bisa melakukan sedikit trik di ATi Catalyst Control Centernya...dan bisa menambahkan aplikasi seperti Game Booster,AMD Overdrive..dsb,,...dan pada seri 5000 keatas saya kira tidak ada masalah karena Memory sudah Menggunakan DDR3.

NVIDIA 











merk VGA ini sangat diminati karena VGA ini Bertipe Integrated RAMDAC (VGA dg RAM sudah Terpisah,) dan karena VGA ini Bertipe Integrated jd kerja RAM dg VGA sudah terpisah..sehingga mengefek pada kerja game juga...meskipun anda aktifkan Resolusi Tinggi dan High Detail..tidak ada masalah pada Game tersebut.. tetapi VGA ini mempunyai kelemahan yaitu mudah panas dan Shadernya terbilang agak kasar...dan keunggulannya utk memainkan game pada VGA ini.

Intel 











VGA ini merupakan VGA default dari Processor Intel, dan sudah terbilang kuat untuk digunakan game kelas Mainstream,, dan kekuatan utama dari VGA ini adalah Shadernya terbilang masi baru dan apabila aktif Anti Aliasing dan Anisotropicnya...VGA ini lumayan kuat utk mentoleransinya.

Dari perbedaan ketiga Vendor tersebut mudah2an bisa bermanfaat khususnya bagi para gamer yang tidak pernah hentinya untuk berexplorasi dari game yang lagi rame di pasaran.

TIPS memilih VGA
sebelum anda membeli VGA ada baiknya anda memilih game yang akan di mainkan dan liat apa vendor vga yang diminta game tersebut dan sebetulnya bisa aja beli vga dulu baru milih game tapi lebih di rekomendasikan kalo memang mau niat beli vga buat maen game ya liat dulu gamenya karena ada yang support dan hasilnya maximal ada juga yang support tapi hasilnya kurang maksimal. salam

3 komentar:

terimakasih infonya gan sangat bermanfaat sekali nih....

terimakasih mas... tips buat memilih vga nya sangat bermanfaat...

laptop bisa diganti gak vganya

Poskan Komentar