Rabu, 25 April 2012

Fungsi Soundcard


Sound Card adalah bagian yang mendekode data data digital menjadi sinyal suara. Dengan penemuan soundcard maka perkembangan dunia multimedia pada komputer menjadi makin meluas.
Sound Card yang baik mampu menghasilkan suara dengan sampling yang rapat dan halus sehingga suara yang dihasilkan mendekati suara asli / Hi Fi (Hi Fi = High Fidelity)
Contoh merk soundcard yang terkenal di dunia IT adalah Creative, Ess, Realtek,  Cmedia, dll, dan yang terkenal di dunia audio trek recording misalnya M-Audio, Behringer, Alesis, Yamaha, dan masih banyak lagi yang menghasilkan kualitas suara yang sangat baik untuk audio recording. Tapi tidak menutup kemungkinan apabila ada sisa dana yang mencukupi apa salahnya anda membeli souncard yang power full dengan kualitas suara yang muantap mas bro. silahkan pilih sesuai selera.

Buat yang suka berexplorasi di bidang audio ada sedikit tips dan ada sedikit catatan cara memilih Sound Card....

Pilih Soundcard yang terjangkau dengan kantong kita
Jika kita hanya ingin merekam untuk keperluan home recording maka pemilihan soundcard yang memiliki 2 input adalah sangat cukup karena perekaman dilakukan pasti dengan per-track bukan langsung secara simultan 16 track atau lebih dari 2. tetapi jika kita ingin bisa merekam drum maka kita membutuhkan soundcard yang minimal 8 input.Soundcard yang memiliki perekaman 2 input  sampai dengan 16 input secara simultan ( langsung secara bersamaan ) masih cukup jika menggunakan koneksi USB 2.0, hal ini sering sekali ditanyakan oleh banyak pemakai soundcard yang belum memahami tentang kemampuan koneksi USB untuk mengantarkan sinyal-sinyal yang diterimanya.

Pilih soundcard yang sesuai kebutuhan
Soundcard yang ideal adalah soundcard yang sesuai dengan kebutuhan kita. Sebuah studio rekaman pasti membeli Sound Card yang memiliki banyak input analog tujuannya adalah supaya klien bisa merekam secara langsung banyak inputan instrument yang nantinya dijadikan sebagai guide atau panduan untuk rekaman track-track selanjutnya. Untuk Band yang mau menghemat pengeluaran dapat membeli  soundcard yang berinput analog minimal 4 dengan catatan drum dibuat secara midi atau drum menggunakan drum elektrik. Atau bisa juga dengan cara take vocal dan drum sebagai guide di studio dan pengerjaan track selanjutnya di rumah (home studio).

Pilih soundcard dengan latency yang terendah atau terkecil
Soundcard yang baik adalah soundcard yang memiliki latency yang paling kecil. Latency diukur dengan millisecond (ms)  dan setiap soundcard memiliki latency yang berbeda dengan soundcard lainnya. Jangan terpancing dengan promo soundcard yang  memberi bonus software atau yang lain karena itu bukanlah suatu dasar bahwa soundcard itu adalah soundcard yang memiliki low latency. Latency saat ini dikenal dengan nama ASIO yang dibuat oleh Steinberg.
ASIO4All adalah sebuah software yang digunakan di computer berbasis windows untuk mengatasi latency yang tinggi pada soundcard internal PC.
Untuk mengukur latency suatu soundcard untuk saat ini belum ada alat semacam hardware tapi ada software yaing dapat di download ASIO Audio Test Signal Generator. Dengan software ini kita dapat mengatahui seberapa baik latency suatu soundcard dan kita dapat membandingkan dengan soundcard lain.
Berapa Sample rate soundcard yang baik
Ada beberapa soundcard yang memiliki sample rate 16 bit/44,1 Khz, ada yang memiliki 24 bit/48 Khz dan ada juga yang  24bit/96 Khz dan ada juga yang 24bi/192Khz. Soundcard yang baik memiliki sample rate yang terbesar.
Perhatikan spesifikasi soundcard yang akan dibeli
Soundcard yang akan dibeli pastinya memiliki spesifikasi perhatikan adakah midi input/output, digital input/output dan tak kalah pentingnya adakah preamp karena tiap inputan sound membutuhkan preamp untuk dapat mencapai level volume ( gain ) yang memadai dalam proses rekaman. Optical input berupa ADAT input juga harus diperhatikan karena dengan adanya ADAT ini maka suatu soundcard dapat di expand  dari misalnya soundcard 4 input analog seperti focusrite saffire pro 24 menjadi 12 input analog. 

Soundcard adalah istilah yang umum dikenal orang walau tidak terlalu tepat ! Istilah lain yang populer adalah converter / audio converter / audiocard / audio interface dll dsb Posted Image Karena belum tentu berbentuk card (yg biasanya koneksinya PCI), ada yang koneksinya via USB & Firewire, maka penamaan yang lebih tepat daripada soundcard adalah 'AUDIO INTERFACE' !
Ehhm....sori, saya pakai istilah salah kaprah 'soundcard' utk kemudahan penyebutan aja Posted Image
 


9 komentar:

Poskan Komentar