Selasa, 10 April 2012

Jenis-senis Memory


Kata “memory” digunakan untuk mendiskripsikan suatu sirkuit elektronik yang mampu untuk menampung data dan juga instruksi program. Memory dapat dibayangkan sebagai suatu ruang kerja bagi komputer dan memory juga menentukan terhadap ukuran dan jumlah program yang bisa dijalankan dalam waktu yang sama, sekaligus juga jumlah data yang bisa diproses.


Berdasarkan kecepatannya memory ada 4 macam yaitu :
 
REGISTER MEMORY
Merupakan jenis memory dimana kecepatan akses yang paling cepat, memory ini terdapat pada Cpu/processor. Misalnya : Register data, register alamat , stack pointer register, Memory Address Register, I/O Address Register, dll.

CACHE MEMORY
Memory berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal dari pada memory utama.Cache memory ini ada diantara memory utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memory utama agar kinerja dapat ditingkatkan.
Cache memory ini ada 2 macam yaitu :
  1. Cache memory yang terdapat pada internal Processor, cache memory jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi ,dan harganya sangat mahal. Dapat dilihat pada processor seperti P3, P4, AMD-ATHLON dll. Semakin tinggi kapasitas L1 ( Level 1), L2 ( Level 2 ) Cache memory maka semakin mahal dan semakin cepat processor.
  2. Chace memory yang terdapat diluar processor , yaitu berada pada Motherboard , memory jenis ini kecepatan aksesnya sangat tinggi meskipun tidak secepat cache memory jenis pertama (yang ada pada internal prosesor). Semakin besar kapasitasnya maka semakin mahal dan cepat. Kapasitas chace memory yaitu 256 kb, 512 kb, 1 Mb, 2 Mb dll.

MEMORI UTAMA
Memori ini berfungsi untuk menyimpan data dan program.

Random Access Memory (RAM), atau biasa juga disebut memory, adalah suatu  alat komputer ( perangkat keras/hardware). Ram merupakan salah satu jenis alat penyimpanan data pada komputer atau media elektronik lainnya (PDA. HP, Notebook, Netbook, dll) yang bersifat sementara. Artinya bila komputer dimatikan, maka semua instruksi atau data yang telah dsimpan di ram ini akan hilang. Jadi
Fungsi Ram yaitu untuk menyimpan instruksi sementara dari komputer untuk mengeluarkannya ke output device.
Ada beberapa jenis RAM yang ada dipasaran saat ini yaitu SRAM , EDORAM , SDRAM , DDRAM, RDRAM , VGRAM, DDR RAM, DDRII RAM, dan DDRIII RAM.

MEMORI SEKUNDER
Memory sekunder merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program contohnya : hardisk, floppy disk,disket, flashdish,dll.


1 komentar:

terimakasih tipsnya gan sangat bermanfaat sekali....

Posting Komentar